Yuk Simak Cara Membuat Facebook Ads Hingga Serba Serbi di Dalamnya

Facebook adalah salah satu sosial media yang banyak digemari di masyarakat. Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan pengguna facebook aktif terbanyak yang ada di dunia.

Bagi anda yang memiliki bisnis, anda mungkin akan melihat peluang untuk membuat iklan atau Facebook Ads yang bisa menguntungkan. Dengan begitu anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli hanya dengan satu platform saja. Mari simak cara membuat facebook Ads berikut.

Cara Membuat Halaman Facebook Ads

1 . Membuat Halaman

Tahap pertama yang harus dilakukan saat akan belajar facebook Ads adalah membuat halaman di Facebook terlebih dahulu. Apabila anda belum bisa membuatnya, anda harus membuka bagian buka facebook pages yang akan menampilkan beragam bisnis yang akan anda jalankan.

Setelah itu anda bisa memilih kategori yang sesuai dengan produk atau layanan yang anda berikan kepada pelanggan. Setelah itu cobalah klik tombol memulai atau lanjutkan.

2. Isilah Informasi Penting

Isilah beragam informasi untuk melanjutkan pembuatan facebook ads atau facebook pages. Isilah alamat dan nomor telepon sebagai data awal untuk menggunakan facebook.

Anda bisa mengatur untuk tidak menampilkan informasi dan nomor telepon di halaman facebook anda. Masukkan foto profil dan foto sampul untuk halama facebook anda untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang brand atau produck yang anda jual.

3. Membuat Facebook Ads

Setelah anda membuat halaman facebook, anda bisa memuat iklan di Facebook. Cara membuat facebook Ads adalah dengan membuka lama Facebook Ads Manager.

Pastikan jika anda sudah logn ke akun facebook yang anda gunakan untuk membuat halaman Facebook sebelumnya. Kemudian bukalah menu kampanye dan klik buat iklan untuk membuat facebook ads.

3. Memilih Pembuatan Iklan

Langkah selanjutnya Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan yaitu pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan tercepat.

Sebaiknya anda memilih untuk menggunakan iklan terpadu agar lebih spesifik mengenai produk atau jasa yang akan anda jual.

Kemudian jangan lupa untuk menentukan tujuan iklan yang ingin anda capai. Facebook sendiri menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori yang berbeda.

Tiga kategori tersebut adalah kesadaran, pertimbangan dan juga konversi. Dalam ketegori kesadaran bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau orang orang yang kemungkinan besar tertarik.

Sementara untuk kategori pertimbangan, akan banyak sekali pertimbangan yang ada di dalamnya seperti lalu lintas/trafik yang berarti meningkatkan jumlah kunjungan website dan mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi anda.

Ada juga pertimbangan dalam aspek interaksi, pemasangan iklan, penayangan video dan juga pembuatan prospek.

Adanya beberapa aspek ini akan mempertimbangkan anda untuk menampilkan iklan yang akan ditayangkan.

Sehingga akan banyak sekali pembeli yang tertarik untuk membeli atau mencoba layanan iklan yang diawarkan di laman facebook Ads.

Kategori terakhir adalah kategori konversi yang bertujuan untuk meningkatan jumlah orang yang belanja dengan melakukan pembelian produk pada website anda.

Dalam hal ini ada beberapa aspek yang ada di dalamnya yaitu penjualan katalog prouduk dan juga kunjungan toko anda. Cobalah untuk melakukan pertimbangan tujuan iklan yang paling cocok untuk anda.

4. Memilih Jenis Iklan Facebook

Cara membuat facebook Ads selanjutnya adalah memilih jenis iklan. Ada dua jenis pilihan iklan yang ada di Facebook yaitu Uji Solit dan Pengoptimalan Anggaran.

Anda bisa memilih satu dari dua jenis iklan tersebut, dan jangan menggunakannya secara bersamaan. Jenis iklan split akan meminta anda untuk membuat dua iklan dengan konten yang mirip.

Target audience anda pun akan terbagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda.

Jenis iklan ini akan membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Bagi anda yang masih pemula, jenis iklan pengoptimalan anggaran sangat cocok untuk dilakukan.

Pada jenis iklan ini anda akan bisa dengan bebas menentukan anggaran iklan yang ada di facebook Ads. Selanjutnya adalah menulis nama iklan dan mengecek performa iklan di Facebook Ads. Anda bisa mengarahkan trafik ke website, aplikasi, messenger atau whatsapp.

7. Menampilkan Promo

Tahap selanjutnya adalah menampilkan promo untuk bisa menarik perhatian para pembeli. Apabila anda sedang menjalankan promo bisnis, cobalah untuk mencentang promo untuk memudahkan pelanggan mengetahui promo yang anda adakan.

Sehingga penjualan yang anda lakukan akan mendapatkan respon dari pelanggan dan memutuskan untuk membel produk yang anda jual.

8. Tentukan Target Audience

Anda bisa menentukan spesifikasi target audience berdasarkan beberapa faktor sebagai cara membuat facebook ads di laman anda. Anda akan diminta untuk mengisi sebuah kolom yang menampilkan pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin dan bahasa.

Untuk pemirsa khusus anda bisa mengatur untuk menjangkau orang orang yang pernah berhubungan dengan anda baik secara online ataupun offline.

Anda bisa mengarahkan iklan kepada orang yang mengunjungi website dan berinteraksi dengan konten halaman facebook anda.

Target yang jelas seperti umur, jenis kelamin dan penargetan secara terperinci akan mempermudah anda untuk menyesuaikan produk yang anda iklankan. Mulai dari target pemasaran yang jelas hingga lokasi yang tepat untuk menawarkan barang atau jasa yang anda miliki.

9. Tentukan Penempatan dan Memilih Jadwal

Untuk bisa menentukan penempatan iklan yang ingin ditampilkan, anda bisa memilih penempatan otomatis. Pilihan ini akan lebih baik karena Facebook akan secara otomatis menampilkan iklan di tempat tempat yang memiliki kinerja yang baik sehingga anda tidak perlu kewalahan.

Anda juga harus menentukan berapa lama iklan yang akan ditampilkan untuk menjadwalkan iklan sebagai cara membuat facebook ads dan dikenal banyak orang.

10. Pilih Format Iklan dan Buat Teks

Ada lima jenis format iklan yag bisa anda pilih untuk membut iklan anda semakin menarik. Lima pilihan tersebut adalah korasil gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide dan koleksi.

Pilihlah format yang anda sukai agar tampilan iklan semakin menarik dan disukai oleh banyak pelanggan dan pembeli.

Selain memilih format iklan, anda juga bisa menampilkan deskripsi yang menarik dan singkat agar audience bisa langsung faham tujuan iklan anda.

11. Cara Membayar Iklan di Facebook

Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit untuk membayar iklan yang anda pasang.

Setelah anda melakukan pembayaran, facebook akan melakukan review iklan anda dan segera menampilkan apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara membuat facebook ads ini terbilang mudah dan akan membuat produk yang ada jual akan laku di pasaran dan dikenal oleh masyarakat luas.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakuan untuk membuat iklan di halaman facebook ads.

Dengan melakukan pemasangan iklan di laman Facebook, produk atau penjualan anda akan makin banyak dikenal orang dan akan menerima banyak sekali pemesanan.

Hal ini karena sosial media akan selalu berkembang dan diminati oleh banyak orang, sehingga anda bisa memulai bisnis online dan meraup banyak keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *